Selasa, 07 Juni 2011

MANAJEMEN INFORMASI PUBLIK (MIP)

STRUKTUR KEORGANISASIAN
Struktur keorganisasian adalah susunan sub-subsistem dengan dengan hubungan wewenang dan tanggung jawabnya. Keadaan dalam mana setiap struktur menguntungkan menjadi dasar untuk mengubah struktur keorganisasian dalam menanggapi perubahan kondisi, seperti perbaikan system pengolahan informasi dan perbaikan dalam system keputusan.

Hubungan lini dan staf :
Lini( garis utuh) menjelaskan wewenang perintah langsung dari fungsi-fungsi organisasi. Manajer pemasaran menerima laporan dari para manajer penjualan. Para manajer penjualan menerima laporan dari para sales.

Wewenang dan Tanggung Jawab
Wewenang adalah hak untuk memerintah (kepemimpinan). Bila seseorang memiliki tanggungjawab untuk sebuah kegiatan, ia harus memiliki wewenang. Wewenang dibuktikan melalui pengendalian atas sumber daya, ganjaran dan fungsi, dan pelimpahan kuasa untuk mengambil keputusan sehubungan dengan hal-hal tersebut.



MANAJEMEN INFORMASI

Pendahuluan.

Informasi merupakan salah satu sumber dasar yang ada bagi para manajer yang mempunyai nilai, karena informasi akan memberikan sumber yang nyata dan akan lebih berperan bila suatu perusahaan bertambah besar.

Manager mengelola lima sumber daya utama yang ada di perusahaan :
1. Man (Manusia)
2. Material
3. Machine (mesin)
4. Money (uang)
5. Information. Sumber daya konseptual

Tugas manager adalah mengelola sumber daya ini agar dapat digunakan dengan cara yang paling efektif. Manajer menggunakan sumber daya konseptual untuk mengelola sumber daya fisik.

Manajer memastikan bahwa data mentah yang diperlukan terkumpul dan kemudian diproses menjadi informasi yang berguna, kemudian manajer memastikan bahwa orang yang layak dalam organisasi menerima informasi tersebut dalam bentuk yang tepat pada saat yang tepat sehingga informasi tersebut dapat dimanfaatkan. Akhirnya manajer membuang informasi yang tidak berguna lagi dan menggantikannya dengan informasi yang terkini dan akurat. Seluruh aktivitas dalam memperoleh informasi, menggunakannya seefektif mungkin dan membuangnya pada saat yang tepat disebut Manajem Informasi.

Kebutuhan akan manajemen informasi disebabkan oleh :
1. Kegiatan bisnis yang semakin rumit/kompleks
Hal ini disebabkan karena pengaruh ekonomi internasional, perkembangan teknologi dunia yang pesat, makin sempitnya kerangka waktu yang tersedia bagi para manajer untuk mengambil keputusan.
2. Komputer yang telah mencapai kemampuan yang semakin baik
Karena tugas manajer yang semakin kompleks maka usaha untuk meningkatkan efektifitas dalam pemecahan masalah adalah dengan menggunakan teknik kuantitatif dan peralatan elektronik.

Komputer sebagai Elemen dalam SI
Ukuran Komputer : Mainframe, super computer, mini computer, mikro computer.

Komponen dasar computer : Input unit, CPU,Output unit

Manajer dan Sistem

Sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan. Sistem mempunyai elemen-elemen, walaupun tidak semua system memliki elemen-elemen yang sama, tetapi ada suatu susunan dasar suatu system, yaitu :
1. Input
2. Output
3. Transformasi
4. Controlling
5. Goal (Tujuan)

Data dan Informasi
Data adalah fakta-fakta dan angka-angka yang relative tidak berarti bagi pemakai.
Informasi adalah data yang telah diproses, atau data yang memiliki arti.
Pengolah informasi adalah salah satu elemen kunci dalam system konseptual. Pengolah informasi dapat meliputi elemen-elemen computer, elemen-elemen nonkomputer atau kombinasi keduanya.




Evolusi Sistem Informasi Berbasis Komputer
1. EDP (Electronic Data Processing)
2. MIS/SIM (Management Information System)
3. DSS/SPK(Decision Support System)
4. OA(Office Automation)
5. Expert System

Tidak ada komentar:

Posting Komentar