Selasa, 07 Juni 2011

WABAH ULAT BULU DI SUMEDANG MELUAS


Liputan6.com, Sumedang: Hama ulat bulu kembali menyerang Sumedang, Jawa Barat. Kali ini, ulat bulu menyerang tanaman milik warga di Kampung Nalegong, Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Sumedang Selatan. Ganasnya serangan membuat daun pohon rambutan dan pohon jambu nyaris gundul dilahap ulat dalam dua hari terakhir. Warga pun mengaku kebingungan untuk membasmi ulat karena tak memiliki insektisida.


Kepada Liputan 6 SCTV, Selasa (26/4), warga mengaku ulat bulu yang menyerang pohon rambutan dan jambu berasal dari tiga jenis ulat yang berbeda. Namun yang paling banyak adalah ulat jenis Hyles Lineata yang berkulit hitam dengan garis kuning. Berbeda dengan jenis ulat yang biasa ditemukan warga, ulat ini menyerang daun saat malam hari. Sedangkan, pada siang hari, ulat ini turun dari pohon dan mencari daerah yang tidak terkena sinar matahari langsung. Seperti di balik bebatuan dan dinding rumah.

Warga khawatir populasi ulat kian bertambah. Sebab masih banyak kupu-kupu di daerah mereka yang dikhawatirkan terus bertelur. Ditambah lagi hingga kini pemerintah setempat belum membantu membasmi ulat.

Sebelumnya, ulat bulu juga menyerang pohon mangga milik warga di Kecamatan Paseh dan Wado. Serangan ulat bulu yang sporadis membuat warga resah dan memilih menebang pohon di depan rumah. Cuaca ekstrim dan menghilangnya pemangsa ulat seperti burung dan semut merah diduga menjadi sumber membludaknya populasi ulat di Sumedang.(BJK/AIS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar