Rabu, 29 Juni 2011

TIP MENGUSIR ULAT DI TANAMAN KUBIS

Kalau anda gemar menanam sayuran kubis tapi masih asing dengan kerabat Cabbage Moth Grub, mungkin sudah saatnya mengenal dengan lebih baik lagi ulat rakus ini yang koloninya dapat membuat banyak lubang-lubang "batik" pada tanaman kubis dalam hitungan jam saja.

Seperti halnya manusia, ulat juga memiliki sistem pernafasan. Jika anda pernah menderita masalah hidung tersumbat karena flu maka salah satu ide yang coba diangkat pada tulisan ini adalah cara membuat 'hidung' ulat tersumbat dengan partikel halus sehingga ulat akan mati lemas. Partikel halus yang dapat digunakan tersebut adalah tepung terigu ....

Yes, jangan memandang sebelah mata pada kekuatan tepung terigu dalam memberantas serangan Cabbage Moth Grub. Tepung terigu dapat mengatasi serangan ulat dengan dua mekanisme, mekanisme pertama adalah serbuk halus tepung terigu akan menyumbat lubang pernafasan ulat sehingga ulat tersebut akan mati lemas kehabisan nafas dan mekanisme kedua adalah, ketika termakan oleh ulat, tepung terigu akan menjadi racun perut bagi ulat.

Untuk mengaplikasikan pestisida organik ini, anda dapat memasukkan terigu kedalam kontainer merica / garam kemudian menaburkannya tipis-tipis pada daun tanaman yang terserang ulat seperti saat anda menaburkan bubuk lada pada menu sirloin steak candle light diner. Setelah dua hari, lapisan tepung terigu bisa dibersihkan dari daun tanaman dengan cara menyemprotnya dengan air.

Ulangi aplikasi beberapa kali jika ulat masih terlihat. Pastikan ibu atau istri tersayang tidak melihat apa yang sedang anda lakukan, ini untuk menjaga agar menu pisang goreng dan kue brownies tetap ada di minggu sore menemani nikmatnya segelas kopi atau teh hangat, jadi pandai-pandailah anda menjaga rahasia ini.
SUMBER DINAS PERTANIAN PROP JABAR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar