Rabu, 25 Mei 2011

SEKOLAH LAPANG IKLIM (SLI)

Pemanasan global (global warming) telah mengubah kondisi iklim global, regional, dan lokal. Mengingat iklim adalah unsur utama yang berpengaruh dalam sistem metabolisme dan fisiologi tanaman, maka perubahan iklim global akan berdampak buruk terhadap keberlanjutan ketahanan pangan. Perubahan iklim global akan mempengaruhi setidaknya tiga unsur iklim dan komponen alam yang sangat erat
kaitannya dengan pertanian, yaitu: (a) naiknya suhu udara yang juga berdampak terhadap unsur iklim lain, terutama kelembaban dan dinamika atmosfer, (b) perubahnya pola curah hujan, (c) makin meningkatnya intensitas kejadian iklim ekstrim (anomali iklim) seperti El-Nino dan La-Nina, dan (d) naiknya permukaan air laut akibat pencairan gunung es di kutub utara.
Selain menurunkan produktivitas terutama akibat terjadinya banjir dan kekeringan, pergeseran musim dan peningkatan intensitas kejadian iklim ekstrim, global warming juga menjadi penyebab penciutan dan fluktuasi luastanam serta memperluas areal pertanaman yang akan gagal panen, terutama tanaman pangan dan tanaman semusim lainnya. Oleh sebab itu perubahan iklim dan kejadian iklim ekstrim seperti El-Nino dan La-Nina akan mengancam ketahanan pangan nasional, dan keberlanjutan pertanian pada umumnya. Sebagai gambaran, satu kali kejadian El-Nino (Lemah-sedang) dapat menurunkan produksi padi nasional sebesar 2-3%. Jika iklim ekstrim diikuti oleh peningkatan suhu udara maka nurunan produksi padi akan lebih tinggi.
Selain akan menciutkan luas lahan pertanian akibat terendam air laut, peningkatan permukaan air laut juga akan meningkatkan salinitas (kegaraman) tanah sekitar pantai. Salinitas pada tanah bersifat racun bagi tanaman sehingga mengganggu fisiologis dan fisik pada tanaman, kecuali tumbuhan laut dan pantai atau varietas adaptif. Salinitas pada padi sangat erat kaitannya dengan keracunan logam berat, terutama Fe dan Al. Indonesia sebagai negara kepulauan mempunyai garis dan hamparan pantai yang sangat panjang, sehingga penciutan lahan pertanian akibat peningkatan permukaan air laut menjadi sangat luas. Salah satu dampak perubahan iklim global yaitu bergesernya awal musim hujan, hal ini berdampak sangat besar untuk para petani. Sedangkan informasi ramalan akhir musim hujan atau awal musim kemarau, sangat diperlukan untuk menentukan musim tanam berikutnya akan menanam komoditas apa? Dan kapan mulai tanam.
Untuk meningkatkan kepedulian masyarakat petani akan dampak perubahan iklim, pemahaman terhadap perilaku iklim (hujan) dan upaya penyesuaian pola tanam dan jadwal tanam, diperlukan Sekolah Lapang Iklim untuk Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) yaitu sekolah informal bagi para petani yang belajar mengenai iklim secara mandiri melalui proses mengalami, berbagi pendapat, menarik kesimpulan dan menentukan langkah aksi yang akan melahirkan pengalaman baru yang ditularkan ke petani lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar