Rabu, 25 Mei 2011

penyuluhan lewat internet

Penyuluhan Pertanian Lewat Internet
Senin, 18 April 2011 - 7:29 WIB
|More
JAKARTA (Pos Kota)-Dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan nasional Kementerian Pertanian menetapkan target produksi padi tahun 2011 sebesar 70,60 juta ton gabah kering giling (GKG), daging sapi 316 ribu ton, gula 3,86 juta ton, jagung sebesar 22 juta ton pipilan kering, dan kedele 1,56 juta ton pipilan kering.
“Untuk memenuhi semua itu diperlukan berbagai upaya percepatan peningkatan produksi dan produktivitas pangan di tingkat petani,” kata Menteri Pertanian Suswono, kemarin.
Upaya yang dilakukan pihaknya antara lain melalui pendampingan dan bimbingan kepada petani serta pelaku usaha dengan menyelenggarakan kegiatan penyuluhan pertanian.
Untuk kegiatan penyuluhan pertanian diperlukan materi penyuluhan yang spesifik lokasi dan disesuaikan dengan kebutuhan petani dan pelaku usaha. Dan Kementerian Pertanian telah mengembangkan sistem informasi penyuluhan pertanian melalui jaringan nirkabel (cyber extension) untuk memperoleh materi penyuluhan secara cepat, murah, dan efisien.
Pada tahun 2010, Kementerian Pertanian telah mendistribusikan 1.000 unit sarana Cyber Extension berupa komputer PC, printer dan modem kepada kelembagaan penyuluhan di tingkat provinsi, kelembagaan penyuluhan di tingkat kabupaten/kota, dan Balai Penyuluhan tingkat kecamatan.
Dengan tersedianya sarana Cyber Extension di Balai Penyuluhan tingkat Kecamatan, maka para penyuluh di lapangan dapat mengakses bahan informasi teknologi pertanian, khususnya teknologi tepat guna sebagai materi penyuluhan secara lebih cepat, murah dan efisien. (faisal/B)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar